Makanan Laut Khas Natuna

Makanan Laut Khas Natuna

Makanan Laut Khas Natuna – Pernah ke Natuna? Salah satu kepulauan paling luar Indonesia bukan saja mempunyai keelokan alam yang menarik.

Tapi juga macam kulineran yang mengunggah hasrat. Apa lagi saat mudik lebaran, kulineran jadi incaran wajib buat menyembuhkan rasa kangen.

Makanan laut Khas Natuna Yang di Dominasi Dengan Kuliner Laut

Umumnya kulineran ciri khas tradisionil warga natuna tentu saja tidak dapat lepas berbahan baku lokal yang terdapat banyak di wilayah itu misalkan seperti hasil laut dan sagu.

Baca Juga: Kuliner Tradisional Khas Indonesia

Beberapa makanan ciri khas tradisionil wilayah ini tentu saja telah menjadi legenda ditengahnya warga, diturunkan secara turun-temurun dari angkatan kegenerasi semenjak dulu sampai saat ini.

Ini diaminkan.diiyakan Kadispar Propinsi Kepri Buralimar. Untuknya Natuna simpan kekayaan kulineran yang memikat untuk dieksplorasi.

Bagus sekali dan mengunggah hasrat. Dan yang jelas diramu dan diolah dengan beberapa bahan fresh. Sudah tentu bisa menjadi makanan yang begitu nikmat,” ungkapkan Buralimar.

Natuna dikenali sebagai salah satunya pulau paling luar Indonesia dengan bermacam tujuan rekreasi yang hebat. Karena posisinya yang disebut kapulauan, tentu saja Natuna mempunyai beberapa tujuan rekreasi pantai yang mengagumkan. Tidak itu saja, perairan Natuna dikenal juga benar-benar kaya hasil laut yang berlimpah. Hasil laut itu tentu saja diproses dan jadi hidangan yang sedap dan jadi incaran banyak pelancong. Nach, bila kamu merencanakan untuk liburan ke Natuna, pasti belum syah bila kamu belum mencicip makanan ciri khas Natuna itu.

Hidangan ciri khas Natuna memang dikuasai oleh makanan laut. Tidak itu saja, beberapa hidangan ciri khas Natuna sudah menjadi legenda dan sudah resepnya sudah di turunkan dari angkatan ke angkatan. Bahkan juga beberapa kulineran ciri khas Natuna dipengaruhi dari budaya Melayu. Apa hidangan yang harus kamu coba? Berikut daftar makanan ciri khas Natuna.

Kernas Makanan Laut Khas Natuna

Makanan ciri khas Natuna yang pertama harus kamu coba ialah Kernas. Kernas atau yang sering dikatakan sebagai Kasam ini sebagai semacam nugget yang dibikin dari ikan tuna atau ikan tongkol fresh buah dari tangkapan nelayan di tempat.

Ikan itu selanjutnya dilumatkan dengan kombinasi bahan khusus, seperti sagu butir. Hidangan ini mempunyai cita-rasa renyah dan sedap, umumnya dihidangkan sebagai camilan yang dicocol dengan sauce pedas.

Nasi Dagang

Nasi Dagang atau yang umum dikenali dengan Nasi Dagong sesungguhnya sebagai hidangan ciri khas Melayu, tetapi kamu dapat mendapatinya di Natuna tanpa perlu jauh ke Malaysia.

Kuliner Nasi Dagang ini mempunyai penampilan seperti Nasi Uduk dengan rasa yang nikmat plus bermacam jenis lauk yang lengkap. Hidangan sedap ini pasti dapat kamu menjadikan opsi menu untuk makan pagi atau makan siang saat liburan di Natuna.

Makanan Laut Khas Natuna Tabel Mando

Bila Kernas dipanggil sebagai Nugget ciri khas Natuna, karena itu Tabel Mando mendapatkan panggilan sebagai Pizza ciri khas Natuna. Tabel Mando sebagai makanan ciri khas Natuna yang berupa bulat dan tipis, benar-benar serupa dengan pizza dari Italia.

Makanan ini dibuat dari beberapa macam makanan laut yang fresh dan sagu bulir. Olahan seafood itu dipadankan dengan beberapa bahan yang lain seperti bermacam bumbu rempah dan kelapa muda parut. Tabel Mando ini mempunyai rasa yang paling sedap dan jadi salah satunya hidangan yang paling disukai di Natuna.

Ikan Salai

Ikan Salai atau yang kita mengenal umumnya sebagai Ikan Asap ini jadi salah satunya makanan ciri khas Natuna yang jangan dilewati demikian saja. Masakan Ikan Salai ini tidak dibikin dengan ikan asal-asalan, yakni dengan memakai Ikan Tongkol fresh.

Proses pemrosesannya juga memerlukan waktu pengasapan sampai dua jam untuk menjadikan ikan asap yang berkualitas. Ikan Salai ini sering jadi opsi oleh-oleh untuk pelancong yang tiba ke Natuna. Untuk nikmati ikan asap ini makin lebih sedap bila dipadankan dengan sambal calok yang pedas.

Calok

Makanan ciri khas Natuna yang ini namanya Calok. Calok bukan makanan khusus, tetapi hidangan ini cukup terkenal dan disukai oleh warga Natuna.

Calok sebagai panggilan warga di tempat untuk sambal yang dibuat dari udang kecil. Sambal ini mempunyai cita-rasa asin dan pedas renyah yang begitu nikmat. Umumnya calok dihidangkan bertepatan dengan ikan asal atau ikan salai. Kombinasi dari ikan salai dengan sambal calok itu membuat cita-rasa yang begitu nikmat di lidah.

Latoh Silong Makanan Laut Khas Natuna

Latoh Silong jadi salah satunya makanan ciri khas Natuna yang wajib buat kamu coba, pasalnya hidangan yang ini termasuk cukuplah unik dan kemungkinan cuma dapat kamu dapatkan di Natuna.

Kuliner Latoh Silong kemungkinan kelihatan aneh untuk kalian yang masih belum pernah menyaksikannya karena dihidangkan pada kondisi mentah semestinya sashimi di Jepang. Karena perihal ini pula banyak yang menyebutkan Latoh Silong sebagai Sashiminya Natuna.

Latoh Silong ini berawal dari tumbuhan laut yang namanya Latoh atau anggur laut. Latoh Silong biasa dicicipi dengan sambal simpel yang dibuat dari cabe hijau untuk menambahkan kepuasan. Kecuali rasanya yang sedap, Latoh Silong dipercayai benar-benar bagus untuk kesehatan karena berawal dari tumbuhan alami yang paling kaya faedahnya.

Bubo Pedies

Makanan ciri khas Natuna yang ini dikenali sebagai kulineran legendaris warga Melayu. Tetapi, Bubo Pedies ini meurpakan peninggalan Kesultanan Deli yang sudah ada semenjak tahun 1909. Penebarannya juga meliputi beberapa teritori, dimulai dari Medan, Riau, sampai Kalimantan.

Bubo Pedies ini jadi salah satunya makanan yang harus dihidangkan di bulan Ramadhan. Bubo Pedies atau bubur pedas ini tidak cuman mempunyai rasa yang sedap tetapi bisa juga sebagai penghangat badan. Bubur ini mempunyai cita-rasa dan wewangian yang unik karena dibuat dari rempah-rempah dan beberapa bumbu lengkap. Rasanya yang renyah pedas membuat bubur ini benar-benar cocok bila dicicipi saat cuaca sedang dingin ataupun waktu pagi hari.

Cikong

Makanan ciri khas Natuna yang harus dicoba setelah itu Cikong. Cikong sesungguhnya ialah minuman fresh asal Natuna yang paling terkenal dan terbanyak fansnya.

Cikong dibikin dari bermacam tipe bahan kombinasi yang nikmat, seperti kacang tanah, kacang hijaum santan, kolang kaling, agar-agar dan sirup. Minuman ini benar-benar gampang dijumpai di beberapa warung makan yang berada di kota Ranai dan beberapa teritori lain di Natuna.

Kuah Tige

Kuah Tige atau Kuah Tiga ini sebagai makanan ciri khas Natuna yang sudah ada semenjak jaman dulu. Dikatakan sebagai Kuah Tige karena hidangan ini terdiri dari 3 tipe makanan yang dikombinasi pada sebuah piring, yakni Sagu butir, singkong rebus dan parutan kelapa yang selanjutnya diguyur dengan kuah gulai ikan. Kuah Tige ini mempunyai rasa yang paling fresh dan begitu nikmat jika dicicipi saat bersantap siang.

Makanan Laut Khas Natuna Kercak

Makanan ciri khas Natuna yang paling akhir ialah Kercak. Kercak ini sebagai gulai ikan atau kuah pindang yang warna bening kekuningan.

Pengerjaan gulai ikan ini dapat memakai ikan tipe apa saja yang selanjutnya digabung dengan bumbu dan rempah-rempah hingga wewangiannya begitu nikmat. Kercak mempunyai penampilan yang lain dengan gulai ikan karena ada sagu butir di dalamnya. Hidangan yang ini benar-benar pas untuk kamu yang menyenangi sup ikan.

Itu barusan kulineran ciri khas Natuna yang harus kamu coba saat bertandang ke sana. Umumnya hidangan di atas memakai bahan landasan ikan dan makanan laut yang lain, karena itu kamu yang paling suka seafood pasti benar-benar pas dengan hidangan ciri khas disitu. Selamat mempraktikkan.